MENGAPA SERBA MANUSIA?
1 Komentar

MENGAPA SERBA MANUSIA?

By Munif Chatib

munif madiun
Cukup kaget ketika seorang peserta bedah buku ORANGTUANYA MANUSIA di Madiun, Sabtu, 2 maret 2013, bertanya kenapa saya memilih judul buku saya SEKOLAHNYA MANUSIA, GURUNYA MANUSIA dan ORANGTUANYA MANUSIA. Kok semua ada MANUSIA-nya, emang yang sekarang ini BUKAN MANUSIA? Pastilah saya akhirnya bercerita tentang ide judul buku tersebut. Namun menurut saya ada beberapa ‘fokus’ yang cukup penting tentang SERBA MANUSIA.

Sekolahnya Manusia adalah kritik terhadap sekolah yang persis mesin pencetak batu bata, para siswa yang masuk di sekolah tersebut dengan berbagai bakat dan kecerdasan, tiba-tiba oleh sekolah di cetak dengan bentuk, pola dan warna yang sama. Padahal mereka tidak suka. Sekolah punya target yang sama untuk semua siswanya. Konsep Sekolahnya Manusia dibalik, sekolah yang harus menjadi fasilitator bakat dan kecerdasan anaknya.

Gurunya Manusia adalah kritik terhadap guru yang dalam mengajar hanya menggunakan metode tunggal, kebanyakan ceramah. Padahal ada ratusan strategi mengajar yang disukai oleh siswa dan pendekatannya ‘student center’

Sedangkan Orangtuanya Manusia adalah kritik terhadap orangtua yang menginginkan anaknya ‘MENJADI’ seperti dirinya. Ketika anak punya bakat yang berbeda dengan orangtuanya, maka terjadi PEMAKSAAN sampai anak mempunyai profesi harapan orangtuanya, padahal anak tersebut tidak ‘enjoy’ menjalankan profesinya.

Serba MANUSIA hanya sebuah harapan sederhana untuk mengembalikan fitrah Ilahiyah Allah SWT yang sudah ada pada anak kita. Bersama kita kembangkan dan membuat anak kita BAHAGIA. ITU SAJA.

Terimakasih TK-MI ALIRSYAD MADIUN, terus menjadi sekolahnya manusia.

1 Komentar

  1. Muhammad Aminudin says:

    Luar biasa “manusia yang satu ini” Mudah-mudahan lahir di Indonesia “Munif Chotibnya manusia” yang lain.yang lain. Sehingga anak-anak Indonesia benar-benar menjadi MANUSIA. Maturnuwun

Tinggalkan Komentar


9 + 2 =

Form Konsultasi

Jika Anda ingin berkonsultasi dengan saya silahkan tinggalkan pesan dan secepatnya anda akan mendapat solusi dari saya, Terima kasih.

Nama*

Email*

Verification*
captcha

Your Message