SEMOGA SETIAP SEKOLAH BISA BUAT KURIKULUMNYA SENDIRI
Tidak Ada Komentar

Kamis, 19 Maret 2015 semoga jadi hari bersejarah bagi pendidikan Indonesia dengan ditandatangai MoU antara kedua menteri pendidikan Indonesia dan Finlandia – Indonesia dan Finlandia Jalin Kerja Sama Bidang Pendidikan Dasar dan Menengah | – http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/3956

Salah satu poin kerjasamanya adalah PENGEMBANGAN KURIKULUM. Saya berdoa semoga poin ini dapat terwujud nyata dengan memberikan kewenangan penuh kepada sekolah yang siap membuat kurikulumnya sendiri. Tentunya framework besarnya tetap sesuai dengan kurikulum besar yang didisain oleh pemerintah atau kementerian pendidikan. Saya sebagai praktisi pendidikan sangat percaya sudah banyak sekolah-sekolah di Indonesia yang sebenarnya mampu mendisain kurikulumnya sendiri sesuai visi dan misi sekolah. Kebebasan kreatif mendisain kurikulum sekolah ini yang membuat Finlandia maju kualitas pendidikannya. Bahasa lainnya adalah DESENTRALISASI KURIKULUM atau mengembalikan KTSP seperti maksud singkatannya yaitu KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (kurikulum yang dibuat oleh sekolah).

Pasti orang-orang yang tidak setuju alasannya sekolah atau guru kita belum mampu. Bagi saya kalau terus-terusan alasan itu dipakai ya sampai 100 tahun lagi kita tidak mampu. Sudahlah kita harus optimis kualitas kepala sekolah dan guru Indonesia juga hebat kok. Apalagi kalau ada pembinaan yang benar tentang bagaimana mendisain kurikulum sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Pasti dengan cepat aka terwujud. Sehingga tidak ada lagi sekolah-sekolah yang terbebani melaporkan administrasi sekolah 2 versi bahkan 3 versi sebab ada beberapa versi kurikulum.

mou ind dan finlandia

Jakarta, 20 Maret 2015

Tinggalkan Komentar

Verification *

Form Konsultasi

Jika Anda ingin berkonsultasi dengan saya silahkan tinggalkan pesan dan secepatnya anda akan mendapat solusi dari saya, Terima kasih.